Apa Itu Minyak Transformator ? Fungsi Dan Pengunaan Minyak Transformator

Minyak Transformator

Mengenal Pengunaan Minyak Transformator

Definisi dan Pengenalan Minyak Transformator

Minyak transformator merupakan salah satu materi isolasi cair yang dipergunakan sebagai isolasi dan pendingin pada transformator. Sebagian materi isolasi minyak harus mempunyai kemampuan untuk menahan tegangan tembus, sedangkan sebagai pendingin minyak transformator harus bisa meredam panas yang ditimbulkan, sehingga dengan kedua kemampuan ini maka minyak transformator dibutuhkan akan bisa melindungi transformator dari gangguan.


Minyak transformator mempunyai unsur atau senyawa hidrokarbon yang terkandung dalam minyak transformator. Ini yaitu senyawa hidrokarbon parafinik, senyawa hidrokarbon naftenik dan senyawa hidrokarbon aromatik. Selain ketiga senyawa diatas minyak transformator masih mengandung senyawa yang disebut zat aditif meskipun kandungannya sangat kecil.

Minyak transformator yaitu cairan yang dihasilkan oleh proses pemurnian minyak mentah. Selain itu minyak ini juga berasal dari bahan-bahan organik, contohnya minyak piranol dan silikon, beberapa jenis minyak transformator yang sering dijumpai dilapangan yaitu minyak transformator Diala A, diala B dan Mectrans.

Kenaikan suhu pada transformator akan menjadikan terjadinya prses hidrokarbon pada minyak, nilai tegangan tembus dan kerapatan arus konduksi merupakan beberapa indikator atau variable yang digunakan untuk mengetahui apakah suatu minyak transformator mempunyai ketahanan listrik.

Secara analisis kimia ketahanan listrik suatu minyak transformator sanggup menurun aibat adanya dampak asam dan dampak tercampurnya minyak dan air. Untuk mentralisir keasaman suatu minyak transformator sanggup memakai potas hidroksida (KOH). Sedangkan untuk menghilangkan kandungan air yang terdapat dalam minyak tersebut yaitu dengan cara menawarkan suatu materi higroskopis yaitu selikagel.

Minyak Transformator Sebagai Pendingin

Dalam menyalurkan kiprahnya sebagai pendingin, kekentalan minyak transformator ini dihentikan terlalu tinggi biar gampang bersirkulasi, dengan demikian proses pendinginan sanggup berlangsung dengan baik. Kekentalan relatif minyak transformator dihentikan lebih dari 4,2 pada suhu 20°C dan 1,8 dan 1,85 dan maksimum 2 pada suhu 50°C. 

Hal ini sesuai dengan sifat minyak transformator yakni semakin usang dan berat operasi suatu minyak transformator, maka minyak akan semakin kental. Bila kekentalan minyak tinggi maka akan sulit untuk bersirkulasi sehingga akan menyulitkan proses pendinginan transformator.

Minyak Transformator Sebagai Bahan Isolasi

Sebagai materi isolasi minyak transformator mempunyai beberapa kekentalan, hal ini sebagaimana dijelaskan dalam SPLN (49-1:1980). Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh minyak transformator yaitu sebagai berikut

1. Kejernihan
Kejernihan minyak isolasi dihentikan mengandung suspensi atau endapan (sedimen).

2. Massa Jenis
Massa jenis dibatasi biar air tidak sanggup berpisah dari minyak isolasi dan tidak melayang.

3. Viskositas Kinematika
Viskositas memegang peranan penting dalam Pendinginan, yakni untuk memilih kelas minyak.

4. Titik Nyala
Titik nyala yang rendah menerangkan adanya kontaminasi zat gabar yag gampang terbakar.

5. Titik Tuang
Titik tuang digunakan untuk mengidentifikasi dan memilih jenis peralatan yang akan memakai minyak isolasi.

6. Angka Kenetralan
Angka kenetralan merupakan angka yang memperlihatkan penyusutan adam minyak dan sanggup mendeteksi kontaminasi minyak, memperlihatkan kecenderungan percobaan kimia atau indikasi percobaan kimia dalam materi tambangan.

7. Korosi Belerang
Korosi belerang  kemungkinan dihasilkan dari adanya sulfur bebas atau senyawa sulfur yang tidak stabil dalam minyak isolasi.

8. Tegangan Tembus
Tegangan tembus yang terlalu rendah memperlihatkan adanya kontaminasi ibarat air, kotoran, atau partikal konduktif dalam minyak.

9. Kandungan Air
Adanya air dalam isolasi isolasi menjadikan menurunnya tegangan tembus dan tahanan jenis minyak isolasi akan mempercepat kerusakan serta pengisolasi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Gerbang Logika Or Beserta Rangkaiannya

Led - Pengertian, Kurva Karakteristik, Penggunaan Led