Aturan Keselamatan Umum Kelistrikan Dan Elektronika

Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Aturan Umum K3 kelistrikan dan Elektronika

Praktek yang kondusif akan melindungi anda dan orang-orang yang berada di sekililing anda. Pelajari hukum berikut secara seksama. Apabila ada yang tidak anda ketahui tanyakanlah kepada pelatih segala sesuatu yang tidak anda pahami.

 Praktek yang kondusif akan melindungi anda dan orang Aturan Keselamatan Umum Kelistrikan Dan Elektronika
Picture by anneahira


1.  Jangan bekerja kalau anda telah mengkonsumsi  obat yang sanggup menyebabkan anda mengantuk.

2.  Jangan bekerja pada ruang yang cahaya-nya kurang.

3. Jangan bekerja dalam ruangan yang lembab.

4. Gunakanlah peralatan, perlengkapan, dan peralatan pemberian diri yang telah disahkan.

5.  Jangan bekerja kalau tubuh anda atau pakaian anda basah.

6. Lepaskan semua cincin, gelang, dan embel-embel lain yang terbuat dari logam.

7. Jangan sekali-kali menganggap bahwa rangkaian sudah mati. Periksalah rangkaian tersebut dengan peralatann atau perlengkapan yang ada, pastikan bahwa peralatan atau perlengkapan yang anda gunakan untuk menguji rangkaian tersebut masih beroperasi dengan baik.

8. Jangan merusak peralatan pengaman. Jangan sekali-kali merusak sakelar yang bersambungan (interclock). Pastikan untuk mengecek bahwa semua sakelar yang bersambungan (interclock) tersebut beroperasi dengan baik.

9. Perkirakanlah peralatan dan perlengkapan anda dalam kondisi yang baik. Gunakan peralatan yang benar untuk menuntaskan pekerjaaan.

10. Pastikan bahwa kapasitor telah dikosongkan. Beberapa kapasitor sanggup menyimpan muatan yang mematikan dalam waktu yang lama.

11. Jangan membuka perlengkapan keamanan diri. Pastikan bahwa semua perlengkapan keamanan diri ada masih utuh.

12. Jangan gunakan adaptor yang sanggup melumpuhkan relasi pertahanan.

13. Gunakanlah hanya pemadam yang sah. Air sanggup menghantarkan arus listrik dan sanggup menambah ancaman dan kerusakan pemadam api karbondioksida dan yang berhalogen tertentu merupakan pilihan yang sempurna untuk penyebab kebakaran akhir listrik. Dalam aneka macam kasus sanggup juga dipakai jenis yang berbusa.

14. Ikuti hukum dalam memakai pelarut dan materi kimia lain. Bahan tersebut sanggup meledak, terbakar, dan merusak rangkaian listrik.

15. Komponen elektro tertentu sanggup mempengaruhi keamanan pekerjaan terhadap perlengkapan. Gunakan selalu suhu cahaya pengganti yang benar.

16. Gunakanlah pakaian pelindung dan kacamata keselamatan untuk menangani peralatan hampa-tinggi menyerupai tabung gambar televisi.

17. Jangan mencoba bekerja pada rangkaian atau perlengkapan yang rumit sebelum anda  mempersiapkan diri. Rangkaian atau perlengkapan tersebut sanggup membahayakan.

18. Beberapa gosip keselamatan yang paling baik untuk perlatan elektronik dan elektris ada pada literatur yang terdapat pada kotak perlengkapan. Cari dan gunakanlah !

Setip hukum diatas sanggup dikembangakan sesuai dengan kondisi dilapangan, anda akan banyak mempelajari rincian wacana mekanisme yang tepat. Pelajari dengan baik alasannya hal tersebut merupakan gosip yang sangat penting untuk anda. 

Ingatlah, bekerjalah selalu dengan kondusif alasannya hidup anda tergantung pada prioritas keselamatan dan kesehatan kerja yang anda lakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Minyak Transformator ? Fungsi Dan Pengunaan Minyak Transformator

Penjelasan Gerbang Logika Or Beserta Rangkaiannya

Led - Pengertian, Kurva Karakteristik, Penggunaan Led