Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Bidang Listrik

Kesehatan Dan Keselamatan Kerja

Pengetahuan umum Keselamatan dan kesehatan kerja dalam bidang kelistrikan


 Pengetahuan umum Keselamatan dan kesehatan kerja dalam bidang kelistrikan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Bidang Listrik
Picture by learnmine
Rangkaian dan peralatan listrik sanggup berbahaya. kita perlu bekerja secara kondusif untuk mencegah sengatan listrik. kita perlu bekerja secara kondusif untuk mencegah sengatan listrik., api, ledakan, kerusakan mekanis dan luka tanggapan pemakaian peralatan yang salah.

Mungkin ancaman yang paling besar yakni sengatan listrik. Arus yang melalui tubuh insan melebihi 10 miliamper sanggup melumpuhkan korban dan membuatnya mustahil untuk lepas dari penghantar tersebut. Sepuluh miliampere merupakan jumah anutan listrik yang kecil, yaitu sama dengan sepuluh dari seperseribu amper. Lampu senter yang biasa, memakai lebih dari 100 kali harga arus tersebut. Bila orang terkena arus melebihi 100 miliamper, maka sengatan seringkali menjadi fatal . Nilai arus tersebut masih jauh lebih kecil dari arus yang dipakai lampu.

Sel lampu senter sanggup memberi arus listrik lebih dari cukup untuk membunuh manusia. Tetapi kita akan cukup kondusif untuk menangani sel lampu senter alasannya yakni andanya resistansi/hambatan insan normal cukup tinggi untuk membatasi anutan arus listrik. Biasanya kulit insan memiliki resistensi beberapa ratus ribu ohm. Dalam sistem tegangan rendah, resistansi tinggi membatasi anutan arus menjadi bernilai sangat rendah. Makara ancaman sengatan listrik cukup kecil

Sebaliknya tegangan tinggi sanggup menghasilkan arus cukup besar melalui kulit, untuk menghasilkan suatu tegangan. Bahaya sengatan bertambah jikalau tegangan naik. Orang yang bekerja pada tegangan tinggi harus memakai perlengkapan khusus pada mekanisme proteksi.

Bila kulit insan berair atau terkelupas resistansinya sanggup turun menjadi bebrapa ratus ohm. Maka untuk menghasilkan suatu sengatan maka hanya diharapkan tegangan yang jauh lebih kecil. Bila kulit terkelupas, tegangan rendah 40 volt sanggup menghasilkan sengatan yang fatal! meskipun kebanyakan teknisi dan pekerja listrik menganggap 40 volt sebagai tegangan rendah, ini tidak berarti tegangan aman. Maka jelas, kita hendaknya harus hati-hati jikalau bekerja dengan apa yang disebut tegangan rendah tadi.

keamanan merupaka suatu sikap, kemanan merupakan suatu pengetahuan. Para pekerja yang hati-hati tidak akan menyepelekan istilah tegangan rendah tersebut. Mereka akan selalu menganggap peralatan pelindungnya tidak bekerja, sehingga mereka tidak akan menganggap rangkaian mati meskipun sakelar dalam posisi mati. Karena ada kemungkinan bahwa sakelar sanggup rusak atau tidak sempurna.

Jika pengetahuan kelistrikan dan elektro bertambah, anda akan mempelajari banyak hukum dan praktek keselamatan kerja dan khusus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Minyak Transformator ? Fungsi Dan Pengunaan Minyak Transformator

Penjelasan Gerbang Logika Or Beserta Rangkaiannya

Led - Pengertian, Kurva Karakteristik, Penggunaan Led